Mengenal Apa Itu Parkit

Mengenal Apa Itu Parkit

Parkit (Melopsittacus undulates) adalah burung dari keluarga Psittacidae. Parkit umum di kenal untuk hewan peliharaan. Dalam satu kandang besar ada banyak type parkit, yang bulunya berwarna-warni.

Pada mulanya, burung ini hidup di alam liar Australia. Habitat aslinya yaitu dipinggir-pinggir sungai, menempati lokasi padang rumput. Burung ini diimpor ke Eropa lalu dibudidayakan serta setelah itu menyebar ke penjuru dunia.

Didunia ada banyak spesies parkit, diantaranya parkit Australia, Holland, Afrika serta Lovebird yang akhir-akhir ini lagi naik daun dipelihara beberapa orang.
Burung ini masuk Indonesia pertama kali, dibawa oleh penjajah Portugis, pada empat era silam.

Penampakan Fisik
Badan parkit liar tidak sama dengan parkit peliharaan. Parkit liar berwarna hijau serta kuning dengan sisi sayap serta bahu berwarna hitam bergerigi. Panjang badannya seputar 18 cm dengan berat 30-40 gram. Parkit liar dewasa mempunyai muka berwarna kuning.

Parkit muda berkembang jadi parkit dewasa kurun waktu 4 bln.. Ekornya berwarna biru, paruh berwarna coklat, serta kaki berwarna biru keabu-abuan.
Paruhnya bengkok, menegaskan bahwasanya burung ini yaitu pemakan biji-bijian, serta kadang-kadang oleh si pemelihara, di beri sayuran serta buah-buahan untuk variasi makanan.

Burung paruh bengkok ini peliharaan mempunyai warna badan tidak sama lantaran mereka sudah dikawinsilangkan dengan beragam type burung. Badan mereka berwarna biru, kuning, putih, serta lain sebagainya.

Kekhasan parkit yaitu tak hanya dapat terbang, dia yaitu pemanjat ulung. Dengan memakai ke-2 kakinya mendaki ranting-ranting pohon.
Kicauannya benar-benar brisik tidak teratur, nyaris selama hari kawanan parkit berkicau.

Habitat serta Makanan Parkit
Di habitat aslinya yaitu burung nomaden. Mereka umum ditemukan di semak belukar, padang rumput, serta rimba. Mereka senantiasa terbang berbarengan kawanannya. Besar kawanan burung bergantung dari keadaan, yakni tersedianya air serta makanan. Bila berlangsung kekeringan, kawanan parkit bakal geser ke habitat lain yang mempunyai banyak persediaan makanan serta air. Mereka mengonsumsi rumput liar serta biji-bijian.

Makanan parkit liar tak pas untuk parkit peliharaan. Parkit peliharaan mengonsumsi sereal, buah-buahan, gandum, kacang-kacangan, sayuran, telur, serta makanan formulasi spesial.

Parkit peliharaan baiknya tak konsumsi alpukat, cokelat, serta product yang memiliki kandungan kafein, bawang, serta laktosa. Hal semacam ini supaya parkit terlepas dari toksikosis.

Perkembangbiakan Parkit
Cere parkit jantan berwarna biru, sedang cere betina berwarna sawo masak atau kuning muda. Cere yaitu sisi pangkal paruh pas dibawah dahi. Pada cere ada lubang hidung. Bila sepasang parkit siap kawin, mereka sama-sama merayu lewat cara bermain lalu sama-sama menyuapi.

Sesudah kawin, betina menentukan sarang lalu bertelur. Dalam sekali bertelur betina keluarkan 4 sampai 6 butir. Pengeraman berjalan sepanjang 18 hari kemarin menetas sesudah 30 hari.

Pemeliharaan Parkit
Sangkar parkit baiknya dibikin bersih tiap-tiap hari. Sekian juga dengan air serta makanan ditukar tiap-tiap hari. Satu minggu sekali sangkar serta perlengkapan di dalamnya dicuci, seperti tempat makan serta minum, tempat bertengger serta mainannya.

Parkit suka pada saat-saat terbang. Tempatkan parkit dalam kandang luas. Bila butuh pasanglah tempat bertengger di sebagian tempat. Sobat bisa buka sangkarnya serta biarlah ia terbang. Makin lama ia bakal terasa lapar serta kembali ke sangkar. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk melatih mental parkit. Sesudah punya kebiasaan dengan lingkungan barunya, parkit gampang menyesuaikan serta dekat dengan pemiliknya.

Ternak parkit
Burung ini gampang sekali diternakan serta tergolong produktif bertelur. Sobat tertarik bertarnak parkit? Di bawah ini panduan gampang ternak burung paruh bengkok.
Pertama-tama siapkan kandang yang ukurannya agak besar. Idealnya 250 cm x 250 cm x 100 cm serta panjang kaki kandang 20 cm. Kandang diusahakan janganlah segera menyentuh tanah, mesti ada kaki-kakinya supaya keadaan kandang tidak lembab.

Kandang burung ini baiknya terbuat dari material yang kuat, umpamanya gunakan kawat kassa, atau jeruji besi. Paruh burung ini benar-benar kuat, dapat mematahkan jeruji kandang yang terbuat dari bambu.

Kandang burung mesti di beri alas dua lapis, susunan pertama tak bisa ditarik, sedang susunan ke-2 terbuat dari triplek yang dapat ditarik untuk keluarkan kotoran burung.

Letakan kandang ditempat yang tidak terlampau ramai oleh manusia, serta tempat yang kering, kurang lebih cahaya matahari dapat menerpa kandang. Hingga kandang terus kering serta bebas penyakit.

Kandang untuk ternak parkit terbagi dalam tiga type, seluruhnya mempunyai peruntukan masing masing. Yaitu kandang umbaran, kandang soliter serta kandang indukan.
Kandang umbaran untuk membesarkan anakan burung yang telah disapih supaya dapat mandiri. Lalu kadanng soliter yaitu untuk memisahkan burung betina serta burung jantan, atau saat ada burung yang sakit mesti dipisahkan dari burung lain yang sehat. Diluar itu ada kandang indukan yang fungsinya untuk menjodohkan indukan baru supaya cepat jodoh.

Dalam kandang juga di taruh kotak-kotak tempat berlindung serta bertelur. Kotak ini dapat dibikin sendiri dari kayu sengon atau dibeli pada toko sangkar burung.
Untuk enam gunakan indukan siapkan tiga atau empat kotak. Janganlah lupa didalam kandang di taruh jerami kering untuk mengerami telur. Kotak ini ditempel dalam kandang berjajar.

Burung parkit adalah burung yang sukai memanjat serta sering ada di tanah. Oleh karena itu berilah tenggeran di kandang. Tenggeran ini dibikin sendiri dari kayu kering serta dipasang di dalam kandang atau pinggir-pinggir kandang.

Burung ini kebiasaannya mengupas –ngupas kayu. Oleh karena itu tenggeran sebisa-bisanya janganlah dicat atau di beri pernih, biarlah apa ada. Cat atau pernis sesungguhnya benar-benar beresiko untuk burung, dapat jadi toksin.

Pakan utama burung paruh bengkok yaitu biji-bijian, umpamanya biji bunga matahari, jewawut, milet putih, biji sawi, jagung muda. Kadang-kadang juga di beri pakan sayuran untuk variasi saja.

Air minum parkit baiknya menggunakan air putih masak serta dimasukan dalam wadah plastik. Namun ada kalanya burung ini harus di beri vitamin yang dilarutkan dalam air minum. Manfaat vitamin untuk menambah pertahan badan dari serangan penyakit. Terlebih saat musim hujan dimana pada saat itu musim yang riskan untuk hewan peliharaan.

Indukan
Calon indukan burung yang ideal diternakan mesti yang dewasa serta kondisinya sehat. Indukan jantan dikenali wujud hidungnya berwarna biru sedang parkit betina hidungnya putih bersih.

Ukuran badan parkit jantan lebih kecil dari parkit betina. Nada parkit jantan lebih kencang dari parkit betina.
Pastikan indukan yang prima, kaki-kakinya tidak cacat, ke-2 mata berperan dengan baik, sekian sayapnya juga tidak ada yang rusak. Persoalan warna burung bergantung selera pemiliknya.

Perjodohan
Burung ini sesungguhnya gampang sekali berjodohan. Perkawinan alami bakal berlangsung saat indukan dimasukan dalam kandang besar. Disana induk jantan hampiri sendiri burung betina. Bila telah pas, mereka sama-sama berdekatan, tinggal berdua dalam kotak kayu yang telah disiapkan.

Namun ada juga yang berniat dijodohkan oleh pemiliknya sendiri. Langkahnya sepasang indukan dimasukan dalam kandang spesial lalu dilewatkan hingga betina bertelur.
Bila telah jodoh, selang beberapa saat burung betina segera bertelur, dikotak yang sudah disiapkan. Indukan betina dapat bertelur hingga tiga butir, serta saat pengeramannya seputar 13 hari. Kemudian telur menetas, keluar anakan parkit. Dari tiga telur itu tidak seluruhnya jadi, ada satu yang tidak berhasil. Telur yang tidak berhasil tetas dibuang saja.

Sepanjang tetap bayi merah, indukan bakal melolohi anak-anaknya dengan makanan yang sudah dihancurkan di tembolok. Sepanjang masa meloloh baiknya peternak senantiasa berikan pakan utama serta diselingi dengan sayuran. Tidak lupa juga di beri pakan asinan, yaitu berbentuk tulang sotong kering. Asinan ini memiliki kandungan mineral tinggi yang berguna untuk perkembangan bulu serta tulang.

Pembesaran anakan
Step selanjutnya yaitu pembesaran anakan. Anakan burung dapat disapih dari induknya pada selesai 1, 5 bln.. Pada saat itu bulu-bulunya telah tumbuh komplit serta prima. Lalu di taruh pada kandang pembesaran. Di kandang pembesaran ini anakan burung mulai belajar terbang bersosialisasi dengan lingkungan baru.
Bila burung peliharaan Sobat makin banyak, dapat di jual di kios burung. Burung yang di jual diambil dari anakan, atau pasangan indukan.
Pokoknya kunci berhasil ternak parkit itu pada keuletan, pakan serta rajin bersihkan kandang. Selamat coba.

0 Response to "Mengenal Apa Itu Parkit"

Posting Komentar