Kontroversi Tiada Habis seputar Bahan Bakar Hidrogen

Kontroversi Tiada Habis seputar Bahan Bakar Hidrogen

Bumiku yang terhormat, apakah bahan bakar hidrogen betul-betul bisa menukar bahan bakar konvensional untuk menggerakkan mobil? Terlampau banyak pro-kontra yang bikin bahan bakar hidrogen jadi mesti diperhitungkan kembali untuk bahan bakar hari esok.

Bahan Bakar Hidrogen - Langkah Revolusioner Meyer
Bahan bakar hidrogen yang dapat menggerakkan mobil dengan memecah air jadi hidrogen serta oksigen sudah dipatenkan oleh Stanley Meyer dalam Method for the Production of Fuel Gas yang dipopulerkan dengan nama water fuel cell. Peristiwa yang selama-lamanya bakal terdaftar dalam histori ini berlangsung pada 26 Juni 1990.

Langkah revolusioner Meyer memanglah butuh dapat acungan jempol. Bahan bakar alternatif mesti di cari untuk menukar bahan bakar fosil yang jumlahnya semakin menipis. Sayangnya, harapan dunia perihal kesuksesan temuan ini pupus disebabkan tewasnya Meyer sebelum saat pernah menunjukkan kebenaran temuannya itu.

Ketika hidup, Meyer juga menampik mempublikasikan temuannya di depan seseorang ahli Prof. Michael Laughton dari Quees Marry, University of London. Oleh karenanya, pengadilan Ohio menyebutkan temuan Meyer untuk penipuan umum. Di Indonesia, peristiwa sama juga berlangsung pada yang memiliki nama Joko Suprapto, yang menyembunyikan rancangan " bahan bakar hidrogennya " di depan umum.

Pro-kontra Sekitar Bahan Bakar Hidrogen
Beragam pendapat mulai bermunculan ketika sebagian penemuan mengklaim bahwasanya hidrogen memanglah bisa jadikan bahan bakar pengganti bahan bakar fosil yang dapat dibuktikan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Berdasar sebagian pendapat yang pro hidrogen, hidrogen yaitu gas paling banyak di alam semesta yang keberadaannya meraih 75 % di matahari serta ramah lingkungan.

Jadi, bila lalu dapat jadikan pengganti bahan bakar fosil, bumi bakal terselamatkan dari dampak lingkungan yang mengakibatkan kerusakan. Tetapi, beberapa waktu terakhir, suatu riset menunjukkan bahwasanya bahan bakar hidrogen keduanya sama berbentuk mengakibatkan kerusakan. Riset ini dikerjakan oleh ahli California Institut of Technology, Pasadena, AS.

Beberapa peneliti ini memiliki pendapat bahwasanya penciptaan bahan bakar hidrogen ini bikin suhu bumi jadi lebih dingin, lebih berawan. Juga, membuat lubang-lubang ozon pada kutub-kutub bumi. Lantaran ketika produksi masal gas ini, seputar 10-20 % gas itu bakal penuhi atmosfer.

Dari hasil simulasi computer yang dikerjakan untuk menguji teori ini, ditemukan sejumlah 0, 5 derajat Celcius penurunan suhu di susunan stratosfer hingga menyebabkan lambatnya musim semi di Kutub Utara serta Kutub Selatan. Bukan sekedar itu, susunan ozon semakin melebar serta berbentuk permanen.

Bahan Bakar Hidrogen - Mahalnya Cost Produksi
Persoalan lain juga nampak saat menilik segi cost produksi untuk bikin atau menghasilkan sel bahan bakar hidrogen didalam mobil. Untuk misal, Toyota serta Honda sudah keluarkan cost kian lebih 1 juta dolar untuk menghasilkan suatu tehnologi yang mensupport penghematan bahan bakar ini. Toyota mengharapkan bisa menghimpit cost untuk keluarkan sel bahan bakar hidrogen sejumlah 50. 000 dolar pada 2015.

Lihat mahalnya cost produksi, merealisasikan inspirasi ini tampak benar-benar susah. Dibutuhkan cost yang relatif besar untuk sediakan sel pembuat bahan bakar hidrogen supaya keperluan orang-orang bakal bahan bakar ini terpenuhi.

Bahan Bakar Hidrogen - Kalah Bersaing
Jumlah stasiun penyedia bahan bakar ini juga sedikit (di Indonesia, juga, belum ada). Terlebih, perusahaan penyedia bensin atau solar pasti tidak ingin kalah saing. Mereka sudah mempunyai jaringan yang benar-benar besar hingga nyaris di seluruhnya titik senantiasa ada stasiun pengisi bahan bakar.

Dengan hambatan yang demikian besar, apakah orang-orang bakal tertarik untuk memakai bahan bakar hidrogen bila memanglah bahan bakar ini bakal jadikan alternatif pemecah masalah menipisnya jumlah bahan bakar fosil?

Bahan Bakar Hidrogen - Produksinya Memakai Bahan Bakar Fosil
Inilah yang berlangsung di Amerika. Sejumlah 95 % hidrogen yang dapat dipakai untuk bahan bakar di Amerika tetap diekstrak berbahan bakar fosil atau memakai sistem elektrolisis yang menggunakan tenaga bahan bakar fosil. Sudah pasti, efek negatif (mencemari lingkungan) yang diakibatkan oleh bahan bakar fosil tak dapat di hilangkan demikian saja. Bahan Bakar Hidrogen - Bagaimana dengan Indonesia?

Telah siapkah Indonesia ganti bahan bakar fosil dengan hidrogen? Bagaimanapun, sangat banyak hambatan (diluar masalah pro-kontra) yang butuh dipikirkan masak-masak. Bagaimana dengan Sobat?

Mobil Bahan Bakar Hidrogen Di luncurkan di Inggris
Produsen mobil dari Inggris, Microcab, bakal segara melaunching pruduk mobil teranyarnya yang menggunakan bahan bakar hidrogen Pada akhir 2011, mobil teranyar dengan bahan bakar hidrogen yang bernama Mivrocab H2EV ini bakal dipublikasikan serta launching pertama untuk pasar otomotif di Inggris.

John Jostin sebagai Managing Director Microrab menuturkan bahwasanya mobil bahan bakar hidrogen ini bakal jadikan untuk mobil hari esok. Mobil bahan bakar hidrogen ini adalah mobil alternatif untuk pengguna perkotaan di Inggris serta sekitarnya.

Pihak Microrab mengakui benar-benar suka lantaran sudah sukses meluncurkan mobil dengan bahan bakar hidrogen ke pasar otomotif Inggris. Sesudah berhasil pasarkan molbil bahan bakar hidorgen ini di Inggris, produsen mobil dari Inggris ini gagasannya bakal pasarkan mobil bahan bakar hidrogen ke pasar otomotif dunia.
Dalam sekali isi bahan bakar, mobil dengan bahan bakar hidrogen yang bernama Microcab H2EV ini dapat membuahkan tenaga 3kW serta jarak tempuhnya yaitu 160km. untuk isi bahan bakar hidrogen, mobil ini cuma membutuhkan saat sebagian menit.

Sebelum saat dikerjakan peluncuran, mobil bahan bakar hidrogen ini terlebih dulu bakal dibawa ke Conventry and Birmingham Low Emission Demonstrator untuk dikerjakan pengujian kelayakan. Di segi lain, mobil bahan bakar hidrogen ini memanglah cuma di buat spesial untuk di pasarkan di Inggris, bahan bakarnya tetap benar-benar tidak sering atau langka, serta di negeri aslinya juga tetap benar-benar langka.

Mobil Bahan Bakar Hidrogen Buatan Jepang
Seakan tidak mau kalah dari Inggris, Jepang lagi-lagi membuat inovasi yang mengagumkan, yakni menghasilkan mobil bahan bakar hidrogen yang tentunya lebih ramah lingkungan. Toyota, Honda, serta Nissan, tiga raksasa produsen mobil dari Jepang, bakal bekerja sama juga dengan sebagian perusahaan daya populer di Jepang untuk menambah produksi mobil-mobil dengan bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan.

Bukan sekedar sebatas menghasilkan mobil bahan bakar hidrogen, konsorsium perusahaan yang sudah lakukan kerja sama ini juga gagasannya bakal bikin stasiun pengisisan bahan bakar hidrogen di Jepang. Diprediksikan, lebih kurang sepuluh perusahaan daya, terhitung juga perusahaan penyuling gas alam serta distributor, diprediksikan bakal membangun 100 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen pada 2015 di Fukuoka, Osaka, Nagoya, serta Tokyo.

Dalam pernyataan tertulisnya pada 14 Januari 2011, sepuluh perusahaan yang lakukan konsorsium ini menyebutkan bahwasanya tiga produsen mobil Jepang (Honda, Toyota, serta Nissan) bakal mengawali produksi mobil-mobil baru yang ditunjang dengan Fuel Cell Vehicles (FCVs) pada 2011. Untuk info penambahan, FCVs yaitu tehnologi terobosan yang mengkonversi hidrogen jadi arus listrik. Tehnologi ini tak lagi membuahkan polusi dalam apa juga terkecuali uap air.

Produsen-produsen mobil populer di Jepang bakal senantiasa berupaya menghimpit cost pembuatan system dalam rencana mengawali FCVs yang lalu bakal di pasarkan di Jepang, terutama di empat lokasi metropolitan utama, pada 2015. Dengan maksud untuk menghimpit serta turunkan jumlah karbon dioksida dengan cara penting yang datang dari transportasi, produsen-produsen serta distributor bahan bakar hidrogen lakukan kerja sama untuk menyebarkan sosialisasi FCVs dan mendongkark pasokan hidrogen ke semua lokasi Jepang.

Meskipun mobil dengan basis listrik pernah jadi pusat perhatian belakangan ini, mobil dengan bahan bakar hidrogen dikira untuk alternatif yang lebih kuat. Namun, tingginya cost produksi serta tak bisa diperbaharuinya sumber daya alam untuk bahan bakar, dikira untuk hambatan utama. Toyota yaitu penggagas pertama di semua dunia yang menghasilkan mobil hibrida dengan memadukan sumber daya bensin serta motor listrik. Toyota merencanakan menghasilkan mobil dengan bahan bakar hidrogen pada 2015.

1 Response to "Kontroversi Tiada Habis seputar Bahan Bakar Hidrogen"

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, saya sangat suka..,Raih Rp.7 Juta dalam 7 Hari hanya dengan kampanyekan menanam pohon klik http://goo.gl/GceX9Y

    BalasHapus